Sepakbola / Liga / Champion / 3 Hal Penting Dari Kemenangan Arsenal Dan Real Madrid

3 Hal Penting Dari Kemenangan Arsenal Dan Real Madrid

Kompetisi sepakbola di Eropa merupakan kompetisi terketat di dunia. Banyaknya klub-klub ternama di Eropa membuat semua pemain sepakbola dari segala penjuru dunia ingin bermain di sana. Dua di antara klub besar di Eropa adalah Arsenal dari Inggris dan Real Madrid dari Spanyol.

Menutup kompetisi sepakbola di Inggris, Arsenal berhasil meraih gelar piala FA untuk yang ke 11 kali, menyamai rekor Manchester United, setelah mengalahkan Hull City melalui perpanjangan waktu dengan skor 3-2. Kemenangan ini bisa dibilang sebagai oase yang menyegarkan karena puasa gelar selama 8 tahun akhirnya dapat berakhir.

Sementara itu, di final Liga Champions 2014, Atletico tidak bisa menahan gempuran tim sekotanya Real Madrid untuk bisa merasakan memeluk trofi Liga Champions untuk yang pertama kalinya. Meski Godin menghadirkan harapan besar terhadap fans Atletico namun gol Ramos (Real Madrid) dipenghujung babak kedua memaksa pertandingan harus melalui perpanjangan waktu 2×15 menit. Diperpanjangan waktu Real Madrid tampil mengganas dan lewat gol-gol Bale, Marcelo dan Ronaldo akhirnya bukan saja piala yang berhasil diraih juga rekor sebagai klub terbanyak yang meraih gelar berhak disematkan olehnya, gelar ini adalah yang ke-10 (La Decima).

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-SelebrasiRealMadridFinalLigaChampions2014DanArsenalFinalPialaFA2014
Sumber gambar: uefa.com dan thefa.com


Apa yang bisa dipelajari dari kemenangan Arsenal di final Piala FA dan Real Madrid di final Liga Champions? Jawaban atas pertanyaan tersebut mungkin adalah sebagai berikut:

1. Jangan membuat blunder.
Untuk pemain sekelas Cassilas mestinya bisa menahan diri untuk membuat kesalahan (blunder) apalagi di pertandingan partai puncak sekelas Liga Champions. Hal tersebut juga berlaku bagi pemain lain agar menjaga kondisi tim tetap kondusif.

2. Jangan lengah meski tengah unggul.

Baik Hull City dan Atletico telah berhasil mengungguli lawan-lawannya sebelum pertandingan berakhir namun mereka tidak berhasil mempertahankan momentum tersebut untuk meraih gelar juara.

3. Pantang menyerah.

Hal terakhir namun tak kalah penting yang dapat diserap dari pertandingan final Piala FA dan Liga Champions 2014 adalah sikap pantang menyerah. Determinasi tinggi yang ditampilkan para pemain Arsenal dan Real Madrid berhasil membuahkan kebanggaan baik bagi ofisial klub, fans dan penyimak sepakbola pada umumnya.

Real Madrid, Arsenal, Atletico dan Hull City merupakan klub sepakbola Eropa yang telah menyajikan pertandingan sepakbola yang menarik dan berkualitas tinggi. Banyak pelajaran yang dapat diserap dari apa yang telah mereka tampilkan, mungkin tiga hal di atas hanyalah sedikit yang dapat diungkapkan.

Menurut Anda, apa ada hal lain yang bisa dipelajari dari kemenangan Arsenal di final Piala FA dan Real Madrid di final Liga Champions?

Penulis: Dipo Dwijaya S

Foto Profil dari Dipo Dwijaya S

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...