Sepakbola / Piala Dunia / Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein dengan skor 8-1. Meski peluang Bosnia dan Herzegovina menipis usai kegagalan menaklukkan Slovakia dikandang sendiri dengan skor 0-1 namun keberuntungan lebih memihak Bosnia dan Herzegovina. Hasil klasemen akhir menunjukkan bahwa Bosnia dan Herzegovina memiliki poin yang sama dengan Yunani namun jika mengacu pada hasil pertandingan kedua tim tersebut maka Bosnia dan Herzegovina lebih unggul dibanding Yunani. Bosnia dan Herzegovina melenggang ke Brazil dengan tiket langsung sedangkan Yunani harus menjalani partai play-off.

Berada di Grup F, 15 Juni 2014 akan menjadi pembuktian perdana kualitas para pemain Bosnia dan Herzegovina di Piala Dunia FIFA 2014. Lawan yang dihadapi partai pembuka Grup F ini adalah juara Piala Dunia FIFA 1978 dan 1986, Argentina. Selanjutnya, Nigeria dan Iran akan menjadi lawan tim yang saat ini dilatih oleh Safet Susic.

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Penyerang Bosnia Dan Herzegovina: EdinDzeko
Sumber gambar: www.telegraph.co.uk

Berikut jadwal lengkap pertandingan yang harus dijalani oleh Bosnia dan Herzegovina di Piala Dunia FIFA 2014:

  1. 15 June 2014 di stadion Estadio do Maracana (Rio de Janeiro) melawan Argentina.
  2. 21 June 2014 di stadion Arena Pantanal (Cuiaba) melawan Nigeria.
  3. 25 June 2014 di stadion Arena Fonte Nova (Salvador) melawan Iran.

Berikut ini adalah daftar pemain Bosnia dan Herzegovina di Piala Dunia FIFA 2014 yang telah diumumkan pada 5 Mei 2014 yang lalu:

  • Penjaga Gawang: Jasmin Fejzic, Asmir Avdukic dan Asmir Begovic
  • Bek : Emir Spahic, Mensur Mujdza, Avdija Vrsajevic, Ognjen Vranjes, Muhamed Besic, Ermin Bicakcic, Toni Sunjic dan Sead Kolasinac
  • Gelandang: Zvjezdan Misimovic, Miralem Pjanic, Edin Visca, Izet Hajrovic, Senijad Ibricic, Tino-Sven Susic, Sejad Salihovic, Haris Medunjanin, Senad Lulic, Anel Hadzic
  • Penyerang: Edin Dzeko, Vedad Ibisevic

Rata-rata umur pemain Bosnia dan Herzegovina adalah berusia 26 tahun dimana Asmir Avdukic (Penjaga Gawang) dan  Emir Spahic (Bek) adalah yang tertua (33 tahun) sedangkan Sead Kolasinac (Bek) adalah pemain termuda (20 tahun). Yang unik dari Sead Kolasinac adalah ia pernah menjalani debutnya sebagai pemain internasional bukan untuk Bosnia dan Herzegovina tetapi tim nasional Jerman U18 pada tahun 2011 saat menghadapi Austria. Penampilannya yang gemilang berlanjut pada Jerman U19 dan Jerman U20. Di tahun 2013, Sead Kolasinac yang sering berperan sebagai bek kiri ini memilih Bosnia dan Herzegovina dimana pada tanggal 18 November 2013 ia menjalani debutnya saat Bosnia dan Herzegovina menghadapi Argentina yang berkesudahan 0-2.

Melihat perjalanan Bosnia dan Herzegovina di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 bukan saja menjanjikan kejutan tapi kemungkinan besar tim yang dikapteni Emir Spahic akan dapat melaju ke Semifinal.

Selain Bosnia dan Herzegovina, menurut Anda tim mana yang akan memberikan kejutan besar?

Penulis: Dipo Dwijaya S

Foto Profil dari Dipo Dwijaya S

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-SelebrasiRealMadridFinalLigaChampions2014DanArsenalFinalPialaFA2014

3 Hal Penting Dari Kemenangan Arsenal Dan Real Madrid

Kompetisi sepakbola di Eropa merupakan kompetisi terketat di dunia. Banyaknya klub-klub ternama ...