Sepakbola / Lain-lain / [Classroom] ACL Injury, Cedera Paling Menghantui Para Pesepakbola?

[Classroom] ACL Injury, Cedera Paling Menghantui Para Pesepakbola?

Blogekstra.com – Halooo sobat ekstrabola sekalian! Ketemu lagi dengan postingan terbaru dari saya hari ini. Kali ini saya akan mencoba membahas mngenai salah satu cedera yang paling berbahaya dalam dunia persepakbolaan.

Cedera yang satu ini sedang hangat-hangatnya lho diperbincangkan dalam beberapa jam terakhir ini. Karena cedera ini baru saja menerpa salah satu bintang Real Madrid, yaitu Jese Rodriguez hingga menyebabkan talenta muda tersebut harus absen hingga 6 bulan!

Hemm, sudah tahu kan cedera pa yang akan kita bahas kali ini?

Blogekstra Classroom Cedera  Anterior Cruciate Ligament 2

Yes, that’s right guys! ACL injury! Atau jika diterjemahkan menjadi cedera Anterior Cruciate Ligament. Kira-kira ada yang tahu ga sih apa itu cedera ACL? Dan para soba ekstrabola sekalian pada tahu ga dimana letaknya cedera tersebut? Yuk kita bahas lebih lanjut!

ACL sendiri merupakan urat di dalam sendi yang memiliki fungsi menjaga kestabilan sendi lutut. Terletak sebagai penghubung antara bagian Femur dan Tabia(bisa kalian lihat pada gambar), tak dapat dipungkiri keberadaannya cukup sentral menjaga stabilitas kaki, khususnya para pemain bola.

Blogekstra Classroom Cedera  Anterior Cruciate Ligament 3

Cedera ACL sendiri atau yang juga sering disebut cedera Cruciate Ligament sering terjadi akibat benturan keras, mendadak berhenti setelah berlari kencang, atau salah posisi ketika terjatuh juga dapat menjadi pemicu cedera yang satu ini.

Mak tak ayal jika banyak para pemain bola yang sering mengalami cedera serius yang plaing ditakuti ini. Contoh yang paling baru tentu saja Jese seperti yang saya ungkapkan melalui postingan sebelumnya disini. Beberapa pesepakbola terseohor lainnya pun juga pernah mengalami hal serupa.

Sebut saja Mikel Arteta kala masih membela Everton pada tahun 2009 silam. Usai menghadapi Newcastle kala itu, Arteta harus absen selama 5 bulan lebih akibat cedera cedera ACL yang dideritanya.

Blogekstra Classroom Cedera  Anterior Cruciate Ligament 4

Yang terakhir adalah Theo Walcott, pada Januari 2014 kemarin. Mencoba berduel dengan Danny Rose kala Arsenal menghadapi Tottenham pada laga bertajuk Derby North London, Theo terjatuh hingga mengerang kesakitan. Posisi jatuh yang kurang tepat menyebabkan pria berkebangsaan Inggris tersebut juga harus absen dari lapangan hijau selama 6 bulan kedepan. Dan tentu saja ia harus melupakan angan-angan akan dirinya bermain di Piala Dunia 2014 di Brazil tahun ini.

Jadi jika diantara kalian semua ada yang hobi bermian bola maupun futsal, diharapkan sangat berhati-hati dengan cedera yang satu ini . Tentunya sobat ekstrabola sekalian ga ingin kan terbaring lama dalam masa penyembuhan sehingga aktifitas sehari-hari kalian jadi terganggu?

So, keep safe and sound guys!

Penulis: Ekky F. Wibowo

Foto Profil dari Ekky F. Wibowo
Penikmat dunia sepak bola dari berbagai sisi dan sudut pandang, meski ga jago maen bola ^_^

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...