Sepakbola / Lain-lain / Legenda Barcelona, Rivaldo Akhirnya Memutuskan Gantung Sepatu

Legenda Barcelona, Rivaldo Akhirnya Memutuskan Gantung Sepatu

Blogekstra.com – Mantan mega bintang Barcelona dan juga punggawa timnas Brazil, Rivaldo akhirnya resmi memutuskan untuk gantung sepatu pada Sabtu (15/03/14) kemarin.

Pemain sepakbola yang telah malang melintang di berbagai benua selama 24 tahun tersebut mengumumkan berita tersebut melalu akun Twitter serta Instagram miliknya.

Dalam akunnya tersebut pemilik nama lengkap Rivaldo Vítor Borba Ferreira tersebut mengucapkan rasa syukur kepada tuhan, keluarga, serta orang-orang disekelilingnya yang telah membantunya dalam karirnya selama ini.

Perjalanan karir Rivaldo sendiri memanga tidak lah mudah. Memulai karirnya dari sebuah kota kecil di Brazil bernama Paulista, Rivaldo kecil hidup dengan serba kekurangan. Dan dengan keajaiban sang pencipta, skillnya mulai tampak ketika ia memutuskan untuk bermain di Mogi Mirim, sebuah klub kecil dikotanya kala itu.

Dengan skillnya yang memukau, playmaker dengan akurasi tendangn kaki kiri yang brillian itu pun akhirnya menarik minat beberap klub bola besar di Brazil. Tercatat Corinthians (1993-1994) dan Palmeiras pernah ia bela hingga tahun 1996.

Permainan apiknya yang kian terasa di Palmeiras membuat Rivaldo termasuk dalam jajaran tim Samba yang dipersiakan untuk olimpiade musim panas Athena tahun 1996. Meskipun kala itu Brazil hanya mendapat medali perunggu alias peringkat ketiga, namun sejak itu nama Rivaldo mulai dilirik oleh dunia.

Adalah Deportivo La Coruna, yap tim dengan julukan Super Depor yang bermain Liga Spanyol tersebut merupakn tim Eropa pertama yang kepincut dengan performa pemuda asal ngeri penghasil kopi nomor satu di dunia tersebut. Dan julukan El Mago atau Sang Penyihir pun ia peroleh kali a mengenakan seragam biru-putih pada musim 1996-1997.

Tak butuh waktu lama bagi El Mago untuk menyihir seluruh dunia dengan permainan terbaiknya. Di musim keduanya di Eropa, Rivaldo langsung digaet tim besar di Spanyol kala itu. That’s right guys, Barcelona FC!

BARCELONA 'S RIVALDO SCORES THIRD GOAL AGAINST VALENCIA

Di klub asala kota Catalan tersebut Rivaldo meraih masa-masa keemasanya. Bermain begitu gesit, tendangan begitu keras, pemain yang satu ini pun kerap berganti-ganti posisi dalam permainan Blaugrana kala itu. Mulai dari gelandang, pemain sayap, attacking midfielder, hingga penyerang lubang pernah ia jajal selama 5 tahun membela tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut.

Di usianya yang menginjak 30 tahun pada Juni 2002 akhirnya Rivaldo meninggalkan Barcelona dan hijrah ke kota mode Italia, Ac Milan. Meski tak lagi muda, El Mago tetap menampilkan performa terbaiknya bersama Rossoneri. Hal itu terbukti jelas ketika ia ikut mengantarkan gelar Liga Champions Eropa menuju kota Milan pada tahun 2003 bersama striker kawakan Milan Filippo Inzaghi.

Blogekstra Rivaldo Pensiun 3

Karirnya di Ac Milan hanya bertahan 2 tahun, di uisanya yang semakin senja ia pun memutuska untuk berkarir di Liga Yunani sebelum akhirnya pria kelahiran 19 April 1972 tersebut kembali ke tanah kelahirannya, Brazil.

Sao Paulo adalah salah satu tim besar terkahir yang pernah ia bela, sebelum akhirnya ia kembali ke Mogi Mirim. Bukan hanya sebagai pemain, namun juga sebagai president klub tersebut. Dan di laga terakhirnya membela panji kebesaran tim masa kecilnya tersebut, cita-cita Rivaldo yang terakhir pun tercapai. Yaitu bermain bersama anak kesyanganya, Rivaldinho.

Blogekstra Rivaldo Pensiun 4

Gracias El Mago!

Penulis: Ekky F. Wibowo

Foto Profil dari Ekky F. Wibowo
Penikmat dunia sepak bola dari berbagai sisi dan sudut pandang, meski ga jago maen bola ^_^

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...