Sepakbola / Liga / Champion / Duel Bale vs Neymar di El Clasico ke-168

Duel Bale vs Neymar di El Clasico ke-168

Berbicara El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona pasti pembicaraan akan langsung mengarah pada dua maskot mereka yaitu Cristiano Ronaldo di sisi Madrid dan Lionel Messi di kubu Barcelona. Tapi sejak musim ini, tampaknya selain duel dua pemain terbaik dunia tersebut ada duel lain yang tak kalah menyedot perhatian. Apalagi kalau bukan duel dua pemain anyar mereka, yakni Gareth Bale dan Neymar da Silva.

duel bale vs neymar di el classico

Datang dengan label pemain termahal di dunia, kehadiran Bale di kubu Madrid sempat diiringi keraguan dari fans akan kapasitas dirinya. Apalagi sebelum bergabung dengan Madrid, belum satu pun trofi major yang pernah didapatkan Bale saat berkostum Tottenham Hotspur. Apalagi dengan cedera yang dialaminya pada awal musim, semakin menambah tekanan pada pemain dengan pemilik kaki termahal di planet ini.

Berbeda dengan Bale, kedatangan Neymar di Camp Nou markas Barcelona justru sedikit berbau kejutan. Sebelumnya banyak yang menduga pemain bernama lengkap Neymar da Silva Santos Junior ini akan hengkang ke Real Madrid dan menjadi seteru baru Messi di La Liga. Namun ternyata lobi Barcelona terhadap Santos, klub Neymar sebelumnya, berhasil membuat pemain kelahiran 5 Februari 1992 itu setuju untuk bergabung dengan Blaugrana.

Kini setelah lebih dari setengah musim, keduanya mulai menunjukkan performa yang cukup stabil baik di ajang Liga Spanyol maupun di pentas Eropa. Siapa yang terbaik diantara keduanya? Simak fakta-fakta berikut ini.

Gol

Cedera yang diderita di awal musim memang cukup mengganggu penampilan Bale bersama Real Madrid. Setelah beberapa pekan tidak menciptakan gol untuk klub ibukota Spanyol, Bale membuka kran gol nya ketika menghadapi Valladolid dengan mencetak hattrick pertamanya saat Madrid menang 4-0 di Bernabeu pada bulan November. Total Bale sudah menciptakan 14 gol sepanjang musim ini, termasuk gol vitalnya ke gawang Juventus di ajang Liga Champion.

Kehadiran Neymar di kubu Barcelona semakin menambah variasi serangan sayap klub asuhan Tata Martino tersebut. Mencetak gol perdananya saat melawan Valladolid di bulan September, Neymar menjadi kunci permainan Barcelona di beberapa pertandingan penting, termasuk saat bertemu Real Madrin di laga El clasico pertama musim ini. Satu golnya pun membawa Barcelona unggul 2-1 atas Madrid kala itu. Total 11 gol sudah dikemasnya di semua ajang bersama Blaugrana hingga detik ini.

Assist

Meskipun Bale berlabel pemain termahal dunia, siapapun tahu jika ikon Real Madrid saat ini adalah Cristiano Ronaldo. Banyak keraguan atas kemampuan Bale untuk beradaptasi dengan gaya bermain Real dan sosok Ronaldo yang tidak tergantikan didalamnya, namun ternyata Bale mampu menjawab semua keraguan publik akan kapasitas dirinya di lapangan. Hingga saat ini total 11 assist nya di La Liga menjadi yang terbanyak diantara pemain Madrid lainnya. Secara keseluruhan pun dia telah mencetak 14 assist di semua ajang yang diikuti el Real.

Gaya permainan Barcelona yang megandalkan umpan-umpan pendek tampaknya langsung cocok dengan style bermain Neymar. Terbukti, tidak butuh waktu lama bagi pemuda Brazil untuk bisa klop dengan rekan-rekannya di lapangan. Total 11 assist nya di semua ajang pun menjadi yang tertinggi di kubu Barcelona, mengalahkan catatan Iniesta, Messi maupun Xavi Hernandes.

Skill

Mengandalkan kekuatan kaki kiri dan ditunjang dengan kemampuan dribble yang mumpuni, Bale terlihat sangan fasih ketika ditempatkan di area sayap, baik di kiri maupun kanan. Catatan 1.8 dribble per pertandingan saat berbaju Tottenham itu pula yang membuat Madrid tergoda untuk merekrutnya. Kini bersama pemain seperti Angel di Maria dan Isco, performa Bale diharapkan segera menuju puncak dan membantu Madrid kembali menguasai Spanyol dan Eropa.

Penampilan gemilang yang ditunjukkan Neymar saat berseragam Santos membuat banyak orang beranggapan bahawa ia akan cocok bermain di klub Spanyol. Terbukti ketika Barca merekrutnya di awal musim ini, pergerakannya di area depan tim asal Catalan tersebut mampu membuat lawan-lawan Barcelona tidak hanya berfokus ada Messi seorang. Dengan skill mengolah bola diatas rata-rata, Neymar termasuk 3 besar pemilik dribble terbanyak di ajang La Liga, melampaui Bale sekalipun.

Nah, siapa yang terbaik diantara kedua pemain ini, Bale dengan postur ideal dan kekuatan kaki kirinya atau Neymar dengan dribble dan gocekan khas Sambanya? Kita nantikan saja pertarungan keduanya dalam tajuk El clasico edisi ke-168 besok malam.

Penulis: ifanmartha

Foto Profil dari ifanmartha

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...