Sepakbola / Liga / Eropa / [Review] Gol Tunggal Pirlo loloskan Juventus ke perempatfinal

[Review] Gol Tunggal Pirlo loloskan Juventus ke perempatfinal

Juventus memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Europa League setelah mengalahkan wakil Italia lainnya, Fiorentina dengan skor tipis 1-0 di Artemio Franchi. Hasil ini membuat agregat kedua tim menjadi 2-1 untuk keunggulan Juventus dan klub kota Turin berhak atas satu tiket di babak 8 besar.

gol tunggal Andrea Pirlo melawan fiorentina

Satu-satunya gol kemenangan La Vecchia Signora dicetak oleh gelandang veteran mereka, Andre Pirlo melalui proses tendangan bebas nan cantik. Gol semata wayang ini sekaligus memupus harapan Fiorentina untuk melangkah lebih jauh di ajang Liga Eropa.

Pertandingan antar dua tim senegara ini berjalan dalam tensi tinggi. Tampil dengan formasi 3-5-2, kedua kesebelasan menumpuk banyak gelandang di lini kedua mereka. Bedanya, Fiorentina yang kini diasuh mantan striker Italia Vincenzo Montella mengandalkan serangan sayap yang ditempati Cuadrado di sisi kanan dan Vargas di sebelah kiri. Sementara Juventus bertumpu pada poros Vidal yang berada di belakang 2 striker dibantu Pogba dan Pirlo sebagai jangkar di lini tengah.

Bertumpuknya pemain di lini tengah membuat kedua tim kesulitan menciptakan peluang matang untuk dikonversi menjadi gol. Sepanjang babak pertama praktis tidak ada peluang emas yang tercipta yang dihasilkan baik oleh tuan rumah Fiorentina maupun tim tamu Juventus. Hingga turun minum, skor 0-0 pun bertahan untuk kedua kesebelasan.

Petaka untuk tuan rumah datang ketika babak kedua berjalan 24 menit. Fiorentina yang sebenarnya hanya butuh hasil imbang tanpa gol untuk lolos  harus kehilangan kapten mereka Gonzalo Rodriguez akibat kartu merah pada menit ke-69 setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Fernando Llorente. Hadiah tendangan bebas diluar kotak penalti ini pun tidak disia-siakan Juventus. Dengan tendangan bebas khasnya, Pirlo mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang kawalan Norberto Neto. Bola pun tidak mampu dijangkau kiper berkebangsaan Brazil itu, 1-0 Juve memimpin.

Tertinggal agregat 1 gol dan bermain dengan sisa 10 pemain membuat La Viola semakin kesulitan menembus pertahanan kokoh Juventus yang dikawal Chiellini di lini belakang. Hingga wasit Howard Webb meniup peluit panjang pun kedudukan 1-0 tidak berubah untuk keunggulan tim tamu. Dengan hasil ini, maka agregat pun menjadi 2-1 untuk keunggulan Juventus sekaligus memastikan tim berjuluk Bianconeri ini melaju ke babak selanjutnya di kancah Europa League.

Susunan pemain

Fiorentina : Neto, Tomovic, Gonzalo, Savic, Cuadrado, Aquilani, Pizarro (Ambrosini 47’), Valero, Vargas, Ilicic (Roncaglia 74’), Gomez (Matri 60’)

Juventus : Buffon, Caceres, Bonucci, Chiellini, Isla (Lichtsteiner 74’), Vidal, Pirlo, Pogba, Asamoah, Tevez, Llorente (Osvaldo 86’)

Penulis: ifanmartha

Foto Profil dari ifanmartha

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...