Sepakbola / Timnas / 4 Pesan Penting Jacksen F Tiago Sebelum Tinggalkan Timnas Indonesia

4 Pesan Penting Jacksen F Tiago Sebelum Tinggalkan Timnas Indonesia

Perjuangan Timnas  Indonesia meraih tiket Piala Asia akhirnya buyar setelah menelan kekalahan 0-2 atas tamunya, Irak. Kekalahan ini sekaligus menjadi akhir kepelatihan Jacksen F Tiago menukangi Timnas. Pelatih berkebangsaan Brazil ini dikontrak hingga akhir November ini. jadi laga melawan Irak sekaligus menjadi laga penutup bagi Jacksen.

Seperti biasa, usai melakoni laga, baik pemain dan pelatih melakukan konferensi Pers. Berhubung laga tadi merupakan laga terakhir Jacksen, maka Jacksen pun mengutarakan unek-uneknya selama pelatih Timnas Indonesia. Ungkapan Jacksen sekaligus merupakan pesan pesan penting yang diungkapkan Jacksen sebelum pergi dari tim Garuda.

Jacksen F Tiago Pelatih Indonesia

Adapun pesan Jacksen F Tiago yang pertama adalah kesamaan kesempatan membela Timnas Indonesia. Jacksen mengutarakan bahwa selama dirinya menjabat sebagai pelatih, tidak ada perbedaan antara pemain yang berlaga di IPL atau di ISL. Semua pemain memiliki hak yang sama untuk membela Negara. Hal ini sekaligus menjadi pesan penting kepada petinggi PSSI khususnya serta pemerintah Indonesia pada umumnya bahwa penentuan pemain Timnas tidak harus berasal dari ISL ataupun IPL. Di lapangan semua pemain sama, tidak ada perbedaan ISL ataupun IPL.

Pesan penting yang kedua adalah mengenai langganan timnas. Jacksen mengakui bahwa selama dia menjabat sebagai pelatih, memang terdapat beberapa nama yang menjadi langganan Timnas. Akan tetapi, Jacksen selalu menampilkan muka baru ditengah muka lama pemain merah putih.

Sedangkan pesan yang ketiga, Jacksen menyebutkan bahwa Indonesai mengalami kemajuan. Timnas yang sebelumnya dikenal menurun di menit 60 atau 70, Jacksen justru menilai bahwa pemain timnas mulai mengalami peningkatan menjadi lebih baik.

Pesan yang terakhir adalah Jacksen berharap Timnas Indonesia mendapatkan banyak pelajaran dari Negara lain dengan melakukan banyak uji coba. Menurutnya tidak perlu mementingkan hasil pertandingan. Akan tetapi pengalaman kepada para pemain menjadi hal yang paling penting untuk membangau mental bertanding yang tangguh.

Itulah beberapa pesan penting yang disampaikan pelatih Timnas, Jacksen F Tiago. Tentunya pesan itu akan sangat berguna jika para pemain serta pengurus persepakbolaan Indonesia mampu menanggapi dengan positif sebagai bentuk pemikiran dari pelatih yang sukses mengantar Persipura beberapa kali menjuarai Liga Indonesia.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...