Sepakbola / Liga / Inggris / Derby Merseyside, Panasnya Perang Saudara Dalam Keramahan

Derby Merseyside, Panasnya Perang Saudara Dalam Keramahan

Pekan ini pecinta Liga Inggris bakal disuguhi sebuah pertandingan yang sangat menegangkan. Pertandingan antara Everton vs Liverpool atau yang sering disebut sebagai derby Merseyside. Derby kali ini diprediksi akan berlangsung cukup seru, pasalnya selain keduanya terlibat perang adu gengsi satu kota, baik Everton dan Liverpool dipaksa harus menang untuk terus bertahan di posisi papan atas. Pendeknya selisih poin antar posisi di Liga Inggris menjadi motivasi lain panasnya derby kali ini.

Derby Merseyside

Derby Merseyside

Derby Merseyside memang dikenal sebagai derby panas di Liga Inggris. Panasnya derby ini di mulai sejak 120 tahun lalu. Saat itu pihak Everton tidak setuju dengan keinginan pemilik Anfield untuk menaikkan tarif. Dan akhirnya Everton pun memilih untuk pindah markas, di satu sisi pemilik Anfield justru mendirikan klub baru yang diberi nama Liverpool. Saat itulah adu gengsi pun mulai terjadi diantara keduanya.

Beberapa partai penting diantara keduanya yang tergores dalam catatan sejarah diantaranya seperti yang terjadi pada tahun 1982. Kala itu Liverpool berhasil membantai Everton dengan skor 5-0. Empat gol dari kemenangan Liverpool diborong Ian Rush. Partai terakhir yang sangat tergolong panas adalah yang terjadi pada tahun 2001. Kala itu Liverpool yang sudah unggul dua gol melalui Emile Heskey dan Marcus Babel berhasil disamakan oleh Everton. Hingga menjadikan laga ini pun berlangsung anti klimaks. Beruntung Liverpool berhasil menutup laga dengan kemenangan melalui tendangan bebas Gery McAllister.

Uniknya, di tengah panasnya laga derby kedua rival ini justru terdapat nuansa persaudaraan yang sangat kental. Setiap Derby Merdeyside ini, baik Liverpudlian maupun Evertonians duduk bersama. Pemandangan ini sangat kontras dengan derby yang lain khususnya liga di luar Inggris yang membatasi tempat duduk kedua supporter. Sehingga tak jarang terlihat kedua supporter duduk bersama kendati membela dua tim yang berbeda.

Malam nanti, Derby Merseyside kembali bergulir. Tentunya nuansa panas akan kembali tercipta di Kota Liverpool. Nuansa kerasnya pertandingan yang hidup di tengah keramahan kedua supporter. Bisa dibayangkan jika persaudaraan supporter tersebut terjadi di Indonesia. Rivalitas hanya terjadi di lapangan, selebihnya adalah saudara. Luar biasa.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...