Sepakbola / Lain-lain / Timnas U-19 Sukses Hempaskan Mimpi Juara Malaysia, dan Lolos ke Semifinal

Timnas U-19 Sukses Hempaskan Mimpi Juara Malaysia, dan Lolos ke Semifinal

Sidoarjo, tidak seperti juniornya di U-16 yang kalah dramatis beberapa waktu lalu, timnas U-19 Indonesia akhirnya lolos ke semifinal AFF Championship setelah berhasil menahan imbang musuh bebuyutan Indonesia, siapa lagi kalau bukan tim harimau malaya, Malaysia. Hasil imbang sudah cukup bagi timnas untuk lolos karena meraih total 10 poin, sedangkan tim lawan hanya meraih 8 poin.

Pertandingan berjalan cukup menegangkan, terutama di babak pertama. Timnas bermain terlalu tegang sehingga pola permainan cenderung kacau, apalagi dua bek andalan timnas Hansamu Yana dan Faturahman dan penyerang Muklis Hadi yang bermain tak tergantikan pada pertandingan melawan Brunei, Myanmar,Vietnam dan Thailand terkena akumulasi kartu kuning sehingga perannya digantikan oleh Dimas Sumantri, Hargianto, dan Hendra Sandi.

Mental pemain sepertinya mulai goyah, apalagi setelah terjadi gol di menit 19 akibat kesalahan pemain belakang yang kurang cepat mengantisipasi penyerang lawan. Kondisinya benar-benar terlihat sangat berbeda dari pertandingan sebelumnya. Semua pemain tampak sangat terbebani yang membuat permainan Indonesia seperti tak berbentuk,  padahal Malaysia pun bermain tak sebagus timnas vietnam. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih Indra Syafri terbukti cukup ampuh memberikan arahan dan semangat di ruang ganti. Pola permainan mulai terlihat, mental pemain Indonesia mulai bangkit. Terebih lagi ketika pengaruh performa dan gocekan Maldini terasa segera setelah ia menjadi pemain pengganti. Benar saja beberapa peluang dari kaki Maldini hampir saja menggetarkan jala lawan, namun sayang peluang itu belum bisa menghasilkan gol.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, di menit 52 berawal dari tendangan sudut yang disodorkan kepada Evan Dimas sang kapiten, ia melakukan tusukan kedalam dan melepaskan tendangan mendatar yang mengenai tiang gawang. Dengan sigap Ilham Udin menghantam bola ke gawang lawan. Gooool ………skor 1-1.

Malaysia berusaha tetap menekan, namun mulai kehilangan keseimbangan lini tengah dan mental menurun. Sebenarnya timnas memepunyai banyak peluang mencetak gol namun masih tertolong performa kiper lawan. Akhirnya peluit terdengar dan gemuruh sorak sorai penonton tak terelakan menyambut keberhasilan lolos ke semi final yang telah ditunggu timnas Timor Leste. Bravo timnas !!!(Timnas Holic)

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...