Sepakbola / Liga / Messi Hat trick, Barca Terlalu Perkasa untuk Osasuna

Messi Hat trick, Barca Terlalu Perkasa untuk Osasuna

Lionel Messi hat-trick sekaligus mencatatkan dirinya sebagai top scorer Barcelona sepanjang sejarah. Tiga gol pemain terbaik dunia itu sekaligus melengkapi pesta Barca saat melumat Osasuna dengan skor telak 7-0 dalam lanjutan laga La Liga di Camp Nou, Minggu dini hari tadi. (16/3/14).

Messi Hat-trick

Dengan gol tersebut Messi berhasil membuat total gol sebanyak 371 gol pada semua kompetisi dan berhasil mengubur rekor top skorer sepanjang masa Barcelona yang telah bertahan selama 87 tahun yang dicatat oleh Paulino Alcantara sebanyak 369 gol.

Dalam lanjutan laga di jornada 28 tersebut, Barcelona tampil dominan sejak menit pertama. Peluang pertama terjadi pada menit ke-6 melalui tembakan keras Alexis Sanchez namun terlalu melebar ke atas gawang. Sebaliknya, Osasuna justru mampu membuat lengah pertahanan Barca saat Emiliano Armenteros melakukan tembakan terarah meski bisa ditepis kipper Victor Valdes. Namun muntahan bola berhasil disambar Oriol Riera, namun gol dibatalkan wasit karena Riera berada dalam posisi offside.

Gol pertama dicatat Messi pada menit 18 setelah bola yang ditembakkan Alexis dari sisi kanan gawang berhasil di colek Messi dan menjebol gawang Andres. Tiga menit kemudian Alexis berhasil menggandakan gol Barca setelah mendapat umpan Jordi Alba yang bekerja sama dengan Iniesta.

Setelah itu serangan Barca makin gencar, terutama serangan yang dibangun dari sayap kanan dan kiri. Mungkin karena terlalu fokus untuk mengawal Messi, para penjaga pertahanan Osasuna kurang menyebar dalam mengawal serangan Barca, hingga Iniesta dengan leluasa dan terarah melakukan tembakan keras dari luar kotak pinalti yang tak mampu dijangkau Andres. Tiga angka untuk Barca bertahan hingga turun minum.

Setelah turun minum, serangan Barca justru makin gencar. Beberapa kali peluang emas dilakukan para pemain depan Barca meski gagal membuahkan hasil. Baru pada menit ke 63, Messi kembali mencatatkan diri di papan skor setelah berhasil menembak setelah bekerja sama ala tiki-taka dengan Iniesta dalam posisi pengawalan ketat para pemain belakang Osasuna.

Christian Tello yang baru masuk menggantikan Alexis langsung berhasil menjebol gawang Osasuna pada menit 79 melalui tendakan kerasnya dari luar kotak pinalti setelah melakukan permainan individualnya. Selanjutnya Messi berhasil mencatat hat-trick pada menit 88 setelah menerima umpan Alves.

Messi sebenarnya dapat membuat 4 gol setelah sebelumnya mendapat umpan matang dari Pedro yang melakukan serangan balik dengan cepat dari kiper Valdes. Namun sayang, kesempatan emas yan tinggal berhadapan dengan kipper Osasuna itu gagal dimainkan dengan baik dan bola terlalu keras melambung di tas mistar gawang.

Sedangkan gol ke 7 dicetak Pedro yang akhirnya berhasil mencatatkan diri pada papan skro setelah mendapat umpan Messi di depan gawang Andres. Meski menang telak dengan pesta gol, Namun Barcelona masih menduduki posisi 3 dari klasemen La Liga dan tertinggal dari Real Madrid dan Atletico Madrid.

Penulis: Yusuf Cahyono

Foto Profil dari Yusuf Cahyono

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...