Sepakbola / Timnas / Kualitas Pemain TimNas U-19 Yang Menjanjikan

Kualitas Pemain TimNas U-19 Yang Menjanjikan

Perhelatan Piala Asia U-19 di Myanmar sudah usai bagi Tim Nasional Indonesia U-19, dimana tiga kekalahan menjadi hasil akhir yang menyesakkan, terutama bagi mereka yang terlanjur tinggi berharap terhadap prestasi dari skuat Garuda Muda. Seperti diketahui bersama, Evan Dimas dan kawan-kawan ditargetkan untuk masuk babak semifinal yang secara otomatis akan mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-20 tahun 2015.

Namun apa daya, hasil buruk ternyata harus diterima dengan lapang dada, tiga kekalahan memang diluar dugaan, namun inilah sepak bola, harus ada yang menang dan ada yang kalah, dengan hasil seri merupakan hasil adil bila permainan sama kuat. Harapan untuk lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2015 harus musnah. Banyak yang kecewa, permainan Timnas U-19 tidak sesuai harapan, namun kegagalan di turnamen Piala Asia U-19 harus segera dilupakan dan mengambil hikmah agar kedepan lebih baik lagi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan tim ini gagal, namun secara individu pemain kiranya bukanlah faktor utama penyebab kegagalan ini. Lihat saja aksi individu Maldini Pali, Ilham Udin, Paolo Sitanggang, atau sang kapten, Evan Dimas. Semua memiliki skil diatas rata-rata, bahkan bila dibandingkan dengan lawan-lawan mereka dibabak penyisihan grup, skil pemain Garuda Jaya tidak kalah.

Sepak bola bukanlah permainan individu, namun sepak bola adalah permainan kolektif tim, bila skil bagus namun secara tim tidak kompak, maka permainan akan menjadi tidak maksimal. Bisa jadi ini menjadi salah satu faktor kekalahan demi kekalahan dibabak penyisihan grup. Kualitas pemain tim nasional U-19 menjanjikan, hasil akhir tidak dapat dijadikan sebagai acuan terhadap kualitas para pemain.

Bukti lain dari pengakuan kualitas para pemain muda ini adalah dengan dipanggilnya enam pemain U-19 ke tim nasional senior racikan Alfred Riedl. Keenam pemain itu adalah Ilham Udin, Evan Dimas Darmono, Maldini Pali, Paolo Sitanggang, Hansamu Yama dan Muchlis Hadi. Dengan pemanggilan enam pemain ini tentu menjadi salah satu bukti bahwa pemain Timnas U-19 memiliki kualitas yang sudah diakui, hanya saja, mereka masih perlu membuktikan agar nantinya bisa lolos seleksi untuk menjadi pemain yang akan diikutsertakan dalam ajang Piala AFF 2014. Jadi, mari kita dukung bersama demi kemajuan sepak bola nasional dan demi terwujudnya harapan bersama, meraih gelar juara.

Penulis: Sukadi

Foto Profil dari Sukadi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

DipoDwijayaS-BlogEkstra-Gambar-PenyerangBosniaDanHerzegovinaEdinDzeko

Piala Dunia FIFA 2014: Menanti Debut Bosnia dan Herzegovina

Langkah Bosnia dan Herzegovina menuju Brazil dibuka dengan cemerlang saat mengalahkan Liechtenstein ...